Home / Berita Umum / Mode Bioflok Untuk Budidaya Lele Sangat Praktis

Mode Bioflok Untuk Budidaya Lele Sangat Praktis

Mode Bioflok Untuk Budidaya Lele Sangat Praktis – Budidaya ikan lele sekarang selalu terus berkembang sebab tehnologi budidaya yg relatif ringan untuk orang. Budidaya lele juga dapat dijalankan dilahan yg tidaklah terlalu luas atau dilahan sempit.

Trimono (33) , masyarakat Kabupaten Semarang yg membuat mode pemeliharaan lele dengan bioflok. Budidaya dengan mode bioflok yg dicetuskan membuat jadi partner Kementerian Kelautan serta Perikanan (KKP) . Dia juga mesti keliling semua Indonesia untuk bikin kolam bulat budidaya lele dengan mode bioflok itu.

Waktu dijumpai di tempat tinggalnya Dusun Duren RT 01/RW IV, Desa Duren, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, ada 24 kolam dengan mode bioflok. Mengenai bioflok ini adalah mode budidaya dengan manfaatkan bakteri yg membuat flok.

Trimono mengaku apabila dulunya kegemaran pelihara lele dengan kolam konvensional. Sejak 2001 hingga 2009 udah memakai terpal, tapi kolamnya tetap konvensional.

” Inspirasi ini sebab petani cenderung kolam tanah, memerlukan tempat luas, lantas muncul buat meningkatkan kolam praktis, efisien serta tdk mengonsumsi tempat luas. Lantas dengan kolam bundaran dari terpal, ” kata Trimono waktu dijumpai di tempat tinggalnya, Jumat (16/11/2018) .

Mode bioflok ini, ujarnya, timbulnya kira-kira tahun 2011-an di Wiradesa, Pekalongan. Sewaktu itu, di Pekalongan di kembangkan dengan sarana kolam bulat jadi rekayasa.

Yg buat kolam saya, sistemnya petani memerlukan kolam yg baru, efisien serta budidaya lebih efisien. Bila kolam konvensional tempat luas, hasil belum juga maksimum serta lele memiliki bau tanah. Lantas dengan rekayasa muncul mode yg lebih higienis dengan sarana kolam bulat serta berkembang hingga saat ini, ” papar pria yg menyatakan lulusan SMP, itu.

Dari rekayasa kolam bulat di Pekalongan itu, ujarnya, membuat petinggi dari KKP yg tertarik meningkatkan mode budidaya bioflok sarana kolam bulat.

Seterusnya, saya digandeng KKP buat meningkatkan trik budidaya bioflok. Lantas mode budidaya bioflok jadi proyek nasional hingga saat ini, ” katanya.

Mengenai buat pembuatan kolam bulat jadi proyek, ujarnya, ukuran kolam bulat dengan diameter 3 mtr., ketinggian 1 mtr., yg di isi air setinggi 90 cm serta bisa menyimpan 3. 000 ekor lele. Lantas bahan membuat kolam berbentuk terpal, rangka besi 6 mili mtr., karpet alang, pipa peralon serta lain-lainnya.

” Estimasi satu kolam bulat dengan diameter 3 mtr. ini biayanya Rp 1, 7 juta. Sehari dapat membuat 10-20 kolam dengan catatan bahan udah siap. Cost ini belum juga termasuk juga membuat aliran pembuangan air, ” ujarnya.

Buat ukuran kolam bulat yang lain diameter 1 mtr. cost Rp 700 ribu, diameter 1, 5 mtr. Rp 850 ribu dan diameter 2 mtr. Rp 1 Juta. Selanjutnya selesai kolam jadi, lantas di isi air dengan ditambah bakteri, tetes tebu, dedak serta lain-lainnya. Seterusnya, kira-kira 3-4 hari lantas baru di isi benih lele.

Lantas di kolam itu ditambah lagi dengan pemasok oksigen. Tidak hanya itu, dalam kolam dipasang pipa yg dialirkan keluar jadi pipa pengendali ketinggian air. Soal ini apabila kolam umpamanya terisi air hujan atau di isi air hingga penuh, dengan sendirinya air serta kotoran atau endapan yang lain bakal keluar lewat pipa pengendali ketinggian itu.

” Keuntungan dengan bioflok ini tempat hanya terbatas, hasil maksimum, kualitas daging ikan lebih bersih, ” katanya.

Mengenai di kolam punya dia ada 24 kolam, yg terisi lele 20 kolam. Buat keperluan makan ikan dikasihkan satu hari kedua kalinya pada sore dan pagi. Lantas keperluan pakan berbentuk pelet, satu kolam perlu kira-kira 300 kg pakan buat keperluan 3. 000 ekor lele saat 3 bulan.

” Rata-rata 1 minggu panen 3-4 kolam, lantas 3-4 kolam yang lain di isi benih lele. Lele yg dipanen diambil tengkulak saat ini perkilo Rp 17. 000, ” kata ia.

Pembuatan kolam bulat ini udah dijalankan di semua Indonesia. Bahkan juga sekarang tetap lakukan pembuatan kolam bulat di Kudus, Jepara, Demak, Magelang, Banjarnegara, Salatiga serta Kabupaten Semarang.

About admin