Home / Berita Umum / Satgas Gabungan Gempa-Tsunami Sulteng Masih Temukan Jenazah Korban

Satgas Gabungan Gempa-Tsunami Sulteng Masih Temukan Jenazah Korban

Satgas Gabungan Gempa-Tsunami Sulteng Masih Temukan Jenazah Korban – Unit Pekerjaan Kombinasi Gabungan (Satgasgabpad) musibah gempa-tsunami Sulawesi Tengah masih tetap temukan jenazah korban walau waktu penelusuran sudah selesai. Berdasar pada data paling baru, korban yang diketemukan terdaftar telah 2.091 jiwa.

“Meskipun pelaksanaan Pengungsian telah sah di stop pada mulai tempo hari, penemuan korban bersambung pada saat pembersihan puing-puing bangunan oleh Satgasgabpad hingga sampai malam hari ini jumlahnya korban yang diketemukan telah sampai 2.091,” kata Kabag Humas Pemprov Sulteng, Adiman dalam keterangannya, Sabtu (13/10/2018).

Jumlahnya itu terhitung per jam 19.51 WITa. Jumlahnya korban luka terdaftar sekitar 4.612 orang. Bekasnya beberapa ratus orang masih tetap dilaporkan hilang serta tertimbun.

“Korban Hilang 680. Korban Tertimbun 152. Jumlahnya Rumah Rusak yang telah terdata 68.451. Jumlahnya Pengungsi 78.994,” kata Adiman.

Gempa susulan ikut selalu berlangsung di lokasi Palu, Sulawesi Tengah. Sampai Sabtu (13/10) terdaftar ada 534 gempa susulan tetapi tidak semuanya dirasa. Gempa susulan ini dihitung sesudah terjadinya gempa magnitudo 7,4 di Donggala pada Jumat (28/9) kemarin. Gempa itu menyebabkan timbulnya tsunami di Donggala serta Palu.

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola akan memutuskan waktu responsif darurat perlakuan gempa serta tsunami diperpanjang 14 hari. Ada banyak permasalahan yang perlu dituntaskan di lapangan seperti pemenuhan keperluan basic pengungsi, perbaikan fasilitas serta prasarana, pembangunan tempat tinggal sesaat, perlakuan medis, perlindungan sosial, pembersihan puing bangunan serta yang lain.

About admin