Home / Berita Umum / Relawan Asing Mengaku Di Usir Dari Palu

Relawan Asing Mengaku Di Usir Dari Palu

Relawan Asing Mengaku Di Usir Dari Palu – Beberapa relawan asing mengakui disuruh tinggalkan Palu oleh pihak berkuasa. Mereka menyebutkan pertolongan relawan asing tidak diperlukan.

Seperti dikutip AFP, Kamis (11/10/2018), beberapa relawan asing mengakui dihindari terhubung lokasi Palu yang terdampak gempa serta tsunami. Relawan Gift of the Givers, Ahmed Bham dari Afrika Selatan, dikasih tahu jika ada ketentuan baru yang melarang team SAR asing selamatkan korban meninggal.

Bham menyampaikan beberapa relawan asing diminta kembali pada negaranya. Ia menyebutkan ‘mereka’ tidak memerlukan pertolongan relawan asing tiada merinci siapa ‘mereka’ yang disebut.

“Kami miliki team SAR memiliki pengalaman dengan alat-alat yang spesifik. Saya ingin memakainya,” kata Bham pada AFP di Palu.

Sekitar 27 anggota team Gift of the Givers hadir dari Johannesburg, Afrika Selatan 3 hari kemarin. Mereka mengakui frustasi sebab tidak kunjung dapat turut mencari korban meninggal.

“Banyak hari yang terbuang dimana kami dapat menolong serta memakai ketrampilan serta ketrampilan kami,” katanya.

Pernyataan lainnya ikut hadir dari Team Costello yang datang dari World Vision Australia. Ia menyebutkan telah ada perintah jika relawan asing mesti ditarik.

“Mereka telah membuat pengakuan jika personil asing mesti ditarik,” kata Costello pada ABC.

“Ini begitu aneh sebab wartawan asing bebas berkeliling-keliling. Ini perihal yang begitu aneh,” imbuhnya. Waktu di konfirmasi, Kepala Pusat Data, Info serta Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menuturkan tentang beberapa relawan asing ini. Sutopo menyebutkan beberapa relawan asing itu tidak berizin serta tidak bekerjasama.

“Relawan asing yang disuruh keluar Palu ialah relawan asing yang tidak mempunyai ijin serta tidak bekerjasama awal mulanya. Mereka memakai visa turis,” kata Sutopo waktu di konfirmasi, Kamis (11/10/2018).

“Relawan asing bagian SAR serta medis tidak dibutuhkan,” tegasnya.

About admin