Home / Berita Umum / Peringati HUT RI Dengan Taklukan Gunung Di Rusia

Peringati HUT RI Dengan Taklukan Gunung Di Rusia

Peringati HUT RI Dengan Taklukan Gunung Di Rusia – Tiga pendaki Indonesia Faldi Riswandi, Riza Husin serta Riki Andriansyah sukses menyisihkan puncak Gunung Elbrus, Rusia pada 14 Agustus 2018. Mereka memakai songket Sriwijaya di puncak gunung paling tinggi di Eropa dengan ketinggian 5624 mtr. diatas permukaan laut (mdpl) itu.

Duta Besar Republik Indonesia buat Federasi Rusia merangkap Republik Belarus M Wahid Supriyadi mengemukakan animo serta perkataan selamat atas kesuksesan mereka sebab ikut membawa nama baik bangsa Indonesia. Demikian seperti dikatakan info wartawan KBRI Moskow yg di terima, Sabtu (18/8/2018).

” Kemajuan ini adalah dari hasil kemauan serta upaya yg kuat. Sampai puncak Elbrus tidak gampang. Tidak hanya arah yg susah sebab salju, cuaca serta suhu dingin sangat punya pengaruh pada perjalanan, ” kata Dubes Wahid waktu berjumpa ke-tiga pendaki di acara perayaan Hari Lagi Tahun Kemerdekaan RI ke-73 di KBRI Moskow, Jumat (17/8) waktu ditempat.

Ke-tiga pendaki ialah mahasiswa Fakultas Ekonomi Kampus Muhammadiyah Palembang, Sumatera Selatan yg tergabung dalam Mapala Alfedya. Mereka datang di Moskow pada Selasa (7/8) serta menambahkan perjalanan ke Mineralny Vody, selanjutnya ke Terskol pada Kamis (9/8). Sesudah lakukan aklimatisasi, ketiganya mulai mendaki pada Senin (13/8) waktu ditempat.

Menurut Faldi, sebelum mendaki puncak paling tinggi Elbrus, mereka lakukan 3x aklimatisasi ke puncak gunung yg berlainan yakni gunung Cheget (3. 100 mdpl), Gunung Azau (3. 700 mdpl) serta Gunung Pastukhov Rocks (4. 500 mdpl). Arah pendakian yg tidak gampang, berselimut salju langgeng, suhu hawa yg dingin sampai minus 11 derajat Celsius bahkan juga pernah alami mountain sickness tidak mematahkan semangat buat sampai puncak Elbrus.

” Summit attack kami mulai melakukan pada Selasa (14/8) kurang lebih jam 03. 00 dini hari serta sampai puncak Elbrus jam 09. 00 pagi, ” tutur Faldi sembari kembali mengenang perjuangannya.

Selain itu, Riza menyampaikan dari mula pelaksanaan ekspedisi ini Mapala Alfedya sudah punya mimpi buat sampai atap Eropa lewat puncak Elbrus sebagai salah satunya puncak gunung paling tinggi di Eropa serta dunia. Obyek ekspedisi ialah Songket Sriwijaya menegur Eropa, yakni Ekspedisi Pemanfaatan Songket Sriwijaya di puncak Elbrus.

Ditambahkan jika pendakian ini bisa dalam rencana mempromokan Asian Games 2018 serta peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Rusia.

” Kami tidak menduga perjalanan pelaku alam kami akan hingga selama ini. Dari Palembang hingga Moskow cuma bertiga dengan semua keasingan waktu di Moskow. Kami berterima kasih banyak pada Dubes Wahid serta KBRI Moskow atas support yg dikasihkan, ” kata Riza.

Tahun 2017 terus, ke-tiga pendaki ini sukses membawa songket unik Palembang ke salah satunya puncak dunia yakni Gunung Cartensz Pyramid di Papua, Indonesia. Pada tahun kedepan mereka berangan-angan bisa membawa songket Sriwijaya ke puncak Gunung Kilimanjaro di Afrika serta Aconcagua di Argentina.

Faldi, Riza serta Riki kembali lagi Indonesia pada Sabtu (18/8). Sesaat HUT Kemerdekaan RI ke-73 tanggal 17 Agustus mereka merayakan di KBRI Moskow bersama dengan WNI di Rusia.

About admin