Home / Berita Umum / Jokowi Akan Membuat Sirkuit MotoGP Di Indonesia

Jokowi Akan Membuat Sirkuit MotoGP Di Indonesia

Jokowi Akan Membuat Sirkuit MotoGP Di Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) minta pembangunan Circuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), selesai di tahun 2020 atau satu tahun sebelum balapan MotoGP Indonesia diawali pada 2021.

Jokowi minta pembangunan sarana serta infrastruktur simpatisan arena balap motor paling elite itu selekasnya dikerjakan untuk percepat tujuan di tahun 2020.

“Kami ingin sarana yang terkait dengan Moto GP 2021 itu selekasnya ditangani. Lapangan terbang telah, jalan telah penentuan tempat, hingga kita harap konstruksi paling lamban itu di Januari 2020,” kata Jokowi waktu ada di Simbol Pantai Kuta, Mandalika, dalam info sah, Jumat (17/5).

Pembangunan lokasi pariwisata Mandalika serta penyelenggaraan MotoGP adalah usaha untuk menggerakkan perekonomian di daerah seputar serta berimbas pada penambahan perekonomian nasional.

Circuit MotoGP Mandalika akan mengangkat ide circuit jalanan.Circuit MotoGP Mandalika akan mengangkat ide circuit jalanan.
“Kita menginginkan ini kelak ada satu titik perkembangan ekonomi baru yang dengan agregat nasional kelak dapat memberi ‘support’ pada perkembangan ekonomi nasional,” katanya.

Bekas wali kota Solo itu ingin pastikan langsung perubahan pembangunan lokasi Mandalika. Lokasi itu awalnya sudah diputuskan jadi Lokasi Ekonomi Spesial (KEK) Pariwisata lewat Ketentuan Pemerintah Nomer 52 Tahun 2014.

Jokowi Meminta Circuit MotoGP Mandalika Selesai 2020
“Saya ingin lihat perubahan dari Mandalika. Pak Dirut (ITDC) mengemukakan hotelnya telah ada 7 yang sewa serta 3 yang dibuat. Utamanya satu perubahan yang begitu bagus,” katanya.

Jokowi ingin pastikan pembangunan beberapa sarana basic yang laik buat satu lokasi pariwisata berjalan seperti harusnya.
Presiden Jokowi awasi persiapan pembangunan Circuit Mandalika.Presiden Jokowi awasi persiapan pembangunan Circuit Mandalika. (Dok. Biro Wartawan Setpres)
Dipandu oleh Direktur Penting Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M. Mansoer, Jokowi mendapatkan keterangan tentang perubahan pembangunan sarana umum seperti toilet buat beberapa pelancong, penyediaan air bersih, termasuk juga infrastruktur basic lain seperti tersedianya listrik serta pemrosesan sampah.

“Sarana di sini juga mulai dibuat barusan. Coba kelak disaksikan toilet biasanya seperti apa standarnya. Standard tinggi saya duga diawali semenjak awal hingga jangan pernah lokasi yang sangatlah indah serta bagus pemberian Allah ini jadi tidak baik sebab salah manajemen dari pertama,” katanya.

Circuit Mandalika akan menggunakan ide circuit jalanan dengan panjang 4,32 km. serta mempunyai 18 kelokan. Design ini telah di setujui oleh faksi Dorna sebagai operator MotoGP.

About penulis77