Home / Berita Umum / Desa Kertajaya Diharapkan Jadi Destinasi Wisata Kreatif di Bandung Barat

Desa Kertajaya Diharapkan Jadi Destinasi Wisata Kreatif di Bandung Barat

Desa Kertajaya Diharapkan Jadi Destinasi Wisata Kreatif di Bandung Barat – Desa Kertajaya di Kabupaten Bandung Barat sejak mulai Sabtu (29/9/2018) pagi waktu 09. 00 WIB kelihatan meriah. Penduduk ditempat dimulai dari anak-anak yg memanfaatkan kemeja rutinitas sampai ibu-ibu yg pasarkan hasil kerajinan penuhi segi kanan serta kiri jalan Desa Kertajaya. Tidak hanya itu, dinding-dinding lantas dihias demikian rupa buat menaikkan kesan-kesan kemeriahan.

Penduduk Desa Kertajaya bergabung buat meramaikan aktivitas yg disebut Desa Kertajaya Creative Destination (DKCD) . DKCD yaitu aktivitas yg diadakan atas kerja sama pada Pertamina serta Pemerintah Desa Kertajaya dengan maksud meningkatkan kemampuan desa, terutama di sektor kreatif seperti kesenian. Aktivitas itu dikunjungi juga oleh Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat, Hengky Kurniawan.

Unit Manager Communication serta CSR MOR III Dian Hapsari memaparkan DKCD adalah program CSR dalam memberi dukungan kemandirian serta pemberdayaan warga terutama di sektor kesehatan serta ekonomi.

Tidak cuman bekerja sama-sama dengan pemerintah desa, kata Dian, Pertamina lantas ajak serta Balai Seni Barli buat bekerja sama-sama dengan impian dapat turut mendukung pasarkan hasil karya penduduk desa ditempat.

” Menjadi, ini merupakan pembinaan warga di sektor ekonomi serta kesehatan. Di sini kami dengan Saung Seni Barli serta pemerintah desa, juga kecamatan bekerja sama-sama membina warga buat upaya kerajinan, ” ujarnya.

Dian mengatakan pendampingan yg dilaksanakan di Desa Kertajaya berjalan sejak mulai tahun 2016 serta memakan dana lebih kurang Rp 300 juta. Tetapi, Dian mengatakan, pendampingan dilaksanakan tidak hanya dengan menggelontorkan dananya saja namun juga berikan kursus.

Mengenai kerajinan yg udah dibuat oleh penduduk ditempat, jelas Dian, salah satunya berwujud seni animasi, totebag berbahan kanvas yg ramah lingkungan, sablon serta rancangan grafis, olahan kerajinan dari sisa segel monil tanki, sampai makanan buat balita yg diselesaikan oleh ibu rumah-tangga.

” Ada upaya segel mobil tangki, turban, produksi animasi, lantas di sektor makanan sehat. Menjadi ibu-ibu di sini memproduksi makanan sehat serta kelak hasil olahannya dibawa ke Balai Seni Barli. Disana kan banyak pengunjung serta kegiatannya. Menjadi ini bukan pemberian dana saja, namun juga pembinaan seperti kursus lantas kami tolong pasarnya, ” jelas Dian.

Keuntungan hasil penjualan kerajinan yg dibikin, kata Dian, dimanfaatkan buat memberi dukungan aktivitas yang lain yg berada pada desa seperti buat pembelian bibit pohon jadi bentuk perlindungan lingkungan serta buat peningkatan PAUD Kertajaya. Dian mengharapkan, kedepannya Desa Kertajaya dapat menjadi tempat wisata kreatif yg disinggahi penduduk lokal atau mancanegara.

” Nah, ini hari memang pemecahan dari pengangguran serta kesejahteraan merupakan kewirausahaan. Maka dari itu, dengan KBB Creative Center ini saya mau berikan pembinaan dengan cara continue. Menjadi, bukan hanya sifatnya upacara saja namun saya mau ada prestasi yg dapat dikasihkan, ” kata Hengky.

About admin