Home / Berita Umum / Agar Tetap Sehat, Macan Tutul yang Tertangkap di Ciamis Segera Dilepasliarkan

Agar Tetap Sehat, Macan Tutul yang Tertangkap di Ciamis Segera Dilepasliarkan

Agar Tetap Sehat, Macan Tutul yang Tertangkap di Ciamis Segera Dilepasliarkan – Tubuh Perlindungan Sumber Daya Alam (BKSDA) Lokasi III Ciamis sukses mengevakuasi macan tutul yg diterperangkap penduduk. Macan tutul itu tengah direhabilitasi sebelum kedepannya dilepasliarkan.

Seekor macan tutul ini tertangkap perangkap penduduk, berkat turun gunung sampai ke permukiman penduduk Dusun Cikupa, Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat pada Jumat (28/9/2018) .

Macan itu pernah meneror penduduk ditempat sepanjang tiga bulan paling akhir. Hewan buas ini kerapkali memangsa ternak punya penduduk.

Penangkapan macan tutul ini pernah bikin geger penduduk di luar desa. Mereka yg ingin tahu banyak yang datang buat menyaksikan dengan cara langsung serta mengabadikannya lewat camera telpon seluler.

” Kita tetap diskusi dengan dokter hewan, moga-moga tak usah ada rehabilitasi. Lantaran macan tutul ini situasi fisiknya tetap sangatlah sehat serta aktif, ” kata Kepala Sektor KSDA Lokasi III Ciamis Himawan Sasongko Sabtu (29/9/2018) .

Menurut dia sekarang tinggal tentukan area yg sesuai untuk jadi tempat pelepasliaran macan tutul itu. Hingga hewan buas itu tak lagi turun ke permukiman penduduk.

” Lantaran macan tutul ini menurut data di sejumlah timur gunung sawal nyata-nyatanya sudahlah cukup padat. Saat ini kita menggali data bagaimana di sisi baratnya. Ada sejumlah data yg memperlihatkan di sisi barat gunung sawal ada juga namun biasanya betina, ” jelas Himawan.

Himawan membidik selekas mungkin satu hingga dua ini hari dapat akan memutus area pelepasliaran macan tutul ini. Biar lekas dilaksanakan pelepasliaran, biar situasi macan terus sehat.

” Situasi fisiknya saat ini sehat, tetapi dikit stres. Namun buat alat survival nya tetap tinggi menjadi sangatlah dapat buat dilepasliarkan, ” papar Himawan.

Didapati, rangkaian penangkapan ragam tutul ini, pada kamis malam (27/9/2018) , penduduk merasa dua ekor anjing yg dirante dalam sesuatu kebun udah mati sehabis digigit oleh macan. Lantas penduduk membawa perangkap berwujud kandang anjing yg ukuran besar, terbuat dari besi, terus memasukan bangkai anjing itu ke perangkap.

About admin